Bentuk Sediaan Obat Herbal

  1. Sediaan Obat Herbal Cair

Obat herbal cair dapat berupa sirup, emulsi, jamu cair, eliksir, dan bentuk cairan lainnya. Penggunaan obat herbal dalam bentuk cair dapat digunakan untuk mengobati luka dalam dan luar.

  1. Sediaan Obat Herbal Semisolid

Obat herbal semisolid yang sering dijumpai di pasaran adalah berupa krim atau salep yang dibuat semi padat. Salep atau krim sering digunakan sebagai obat luar. Diharapkan, konsumen mampu mengénali bentuk, cara pemakaian, manfaat, serta efek samping yang ditimbulkan dari penggunaan obat tersebut.

  1. Sediaan Obat Herbal Padat atau Kering

 

Sediaan obat herbal jenis ini dapat disajikan dalam bentuk irisan kering atau padat. Cara penggunaannya cukup diseduh menggunakan air panas. Selain itu, sediaan herbal padat dan kering sering disajikan dalam bentuk serbuk. Jika disajikan dalam bentuk modern, sediaan obat herbal padat atau kering dapat berbentuk pil, tablet, pastiles, maupun ekstrak simplisia serbuk yang dimasukkan ke dalam cangkang kapsul.

Pengadaan tanaman obat ke keluarga (TOGA) merupakan usaha guna meningkatkan tingkat kesehatan masyarakat atau keluarga. TOGA dipromosikan oleh pemerintah sebagai upaya meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat melalui pemanfaatan potensi dan sumber daya alam yang tersedia.

Selanjutnya > Ketepatan Penggunaan Obat herbal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *