Manfaat Cabe Jawa

8. Cabe jawa (Piper retrofractum)

termasuk ke dalam famili tumbuhan Piperaceae. Tanaman ini memiliki lain, yaitu lada panjang, cabean, cabe areuy, cabe sula, cabi jamo, cabe onggu, cabe solah, dan cabai. Efek farmakologi pada cabe jawa diperoleh dari penggunaan seluruh bagian tanamannya yang dikeringkan dengan dianginanginkan. Tumbuhan ini kaya akan berbagai kandungan kimia. Zat yang terkandung dan diketahui pada buahnya adalah zat pedas piperine, minyak menguap, alpha amirin, fenenol, dehydromatricaria ester, cineole, terpinen-4, 1-beta caryophylene, dan 1-quebrachitol. Sedangkan, zat yang terkandung pada akar dan batangnya adalah inulin.

Cabe jawa bersifat dingin, menghilangkan sakit, menghentikan pendarahan (hemostatik), melancarkan peredaran darah, mencegah keguguran, serta mengatur siklus menstruasi. Dalam farmakologi Tiongkok, disebutkan bahwa cabe jawa memiliki rasa pahit, pedas, dan hangat.

Tanaman herbal cabe jawa mempunyai beberapa khasiat dan manfaat. Namun, apabila mempunyai alergi maupun kontraindikasi dalam penggunaannya, maka dapat berkonsultasi dahulu dengan dokter ataupun herbalisyang berkompeten. Berikut ini adalah khasiat dan manfaat dari cabe jawa.

 

  1. Obat Kuat

Siapkan cabe jawa 10 gram, kapulaga 5 gram, pulai 5 gram, dan sawi langit 5 gram. Cuci semua bahan tersebut memakai air yang mengalir. Setelahnya, rebus menggunakan 300 cc air. Setelah mendidih, angkat dan saring. Sebelum diminum, tambahkan madu sebanyak satu sendok makan. Minum ramuan ini sebelum tidur malam.

 

  1. Gangguan Pencernaan

Cuci buah cabe jawa kering (5 gram) memakai air yang mengalir. Setelahnya, tumbuk sampai halus. Kemudian, seduh menggunakan segelas air panas. Setelah dingin, saring dan tambahkan satu sendok makan madu. Minum ramuan sehari sekali.

 

  1. Sakit Gigi

Cuci daun cabe jawa yang segar sebanyak 5 lembar memakai air yang mengalir, lalu tumbuk. Seduh memakai setengah gelas air panas. Selagi hangat, saring dan gunakan airnya untuk berkumur.

 

  1. Kejang Perut

Cuci daun cabe jawa yang segar sebanyak 3 lembar memakai air yang mengalir, kemudian tumbuk. Setelahnya, seduh memakai satu gelas air panas. Selagi hangat, saring dan tambahkan satu sendok makan madu, kemudian minum satu gelas per hari.

 

  1. Sariawan

Cuci 3 lembar daun cabe jawa segar memakai air yang mengalir, kemudian tumbuk. Setelah halus, seduh menggunakan 1 gelas air panas. Setelah dingin, gunakan untuk obat kumur.

 

9. Manfaat Mengkudu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *