Manfaat Jahe merah

4. Jahe merah (Zingiber offcinale)

termasuk ke dalam spesies jahe dan dikenal dengan nama halia barah, hah’a udang, atau jahe sunti. Bagian dari jahe merah yang digunakan untuk herbal adalah rimpangnya.

Jahe merah kaya dengan berbagai kandungan kimia, yang telah diketahui adalah gingerol dan minyak terbang, limonene, 10-dehydrogingerdione, 6-gingerdione, alpha-linolenic acid, arginine, asparic, betha-sitosterol, caprilic-acid, capsaicin, chorogenic acid, farnesal, farnese, serta farnesol.

Jahe merah bersifat pedas, merangsang selaput lendir perut besar dan usus, serta mengurangi rasa sakit. Selain itu, jahe merah bisa memperkuat khasiat obat lain yang dicampurkan. Efek dari zat aktif yang terdapat pada jahe merah adalah menghambat jamur Candida albicans, obat flu, mengatasi ejakulasi dini, perangsang aktivitas saraf pusat, merangsang ereksi, merangsang keluarnya keringat, penekan prostaglandin, merangsang keluarnya ASI, penghambat enzim siklo oksigense, merangsang kekebalan tubuh, merangsang produksi getah bening, mencegah kemandulan, memperkuat daya tahan sperma, merangsang hormon androgen, menghambat hormon estrogen, merangsang regenerasi sel, serta banyak manfaat lainnya lagi.

Tanaman herbal jahe merah mempunyai beberapa khasiat dan manfaat. Namun, apabila mempunyai alergi maupun kontraindikasi dalam penggunaannya, maka dapat berkonsultasi dahulu dengan dokter ataupun herbalis yang berkompeten. Khasiat dan manfaat dari herbal jahe merah adalah guna mengatasi beberapa penyakit berikut.

 

  1. Batuk

 

Bersihkan dan cuci rimpang jahe merah segar yang seukuran setengah ruas jari memakai air yang mengalir, lalu parut. Tambahkan setengah gelas air, aduk merata, kemudian peras dengan penyaring. Setelahnya, tambahkan 1 sendok makan madu dan minum 2 kali dalam sehari, masing-masingnya seperempat gelas.

 

  1. Luka Lecet

 

Bersihkan luka lecet menggunakan air yang mengalir, kemudian keringkan dengan handuk bersih dan kering. Setelahnya, ambil rimpang jahe merah secukupnya dan tumbuk hingga halus. Dan, tempelkan ramuan tersebut pada luka sebagai antiseptik.

 

  1. Obat Kuat

 

Bersihkan jahe merah yang seukuran satu ruas jari memakai air yang mengalir, kemudian iris tipis-tipis dan rebus sampai mendidih menggunakan air sebanyak 2 gelas. Setelah airnya tersisa 1 gelas, segera angkat. Setelah hangat, tambahkan 1 butir kuning

telur dan 1 sendok makan madu. Minum 1 atau 2 jam sebelum berhubungan intim.

 

  1. Gatal-Gatal

 

Bersihkan bagian kulit yang gatal, kemudian ambil rimpang jahe merah secukupnya dan tumbuk hingga halus. Setelahnya tempe an pada luka sebagai antiseptik dan antialergi

 

 

Bersihkan bagian kulit yang terkena gigitan ular. Tumbuk rimpang jahe merah sampai halus dan tambahkan sedikit garam. Setelahnya, kompreskan pada daerah yang terkena gigitan ular dan segera ke pusat pelayanan kesehatan guna mendapatkan obat penawar bisa ular.

5. Jati Belanja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *