Manfaat jambu biji

Manfaat jambu biji

7. Tumbuhan herbal jambu biji (Psidium guajava)

adalah keluarga dari Myrtaceae. Nama daerah dari tumbuhan ini adalah jambu klutuk (Jawa), gayawas (Manado), jambu paratulaka (Bugis), Masiambu (Nias), sotong (Bali), dambu (Gorontalo), dan lutu hatu (Ambon). ‘ Bagian yang digunakan untuk herbal adalah daun dan buah tanaman jambu biji.

Buah, daun, dan kulit batang pohon jambu biji mengandung tanin. ‘ Sedangkan, pada bunga pohon jambu biji tidak banyak mengandung tanin. Sementara itu, daun jambu biji banyak mengandung zat yang bermanfaat, seperti minyak atsiri, asam ursolat, asam psidiolat, asam kratogolat, asam oleanolat, asam guajaverin, dan vitamin. . Kandungan buah jambu biji (per 100 gr) adalah kalori 49 kal, vitamin A 25 SI, vitamin B1 0,02 mg, vitamin C 87 mg, kalsium 14 mg, hidrat arang 12,2 gram, fosfor 28 mg, besi 1,1 mg, protein 0,9 mg, lemak 0,3 gram, serta air 86 gram.

Daun dan buah pohon jambu biji bermanfaat sebagai obat demam berdarah karena dapat meningkatkan trombosit darah. Selain itu, daunnya mengandung tanin yang bermanfaat sebagai antidiare. Ekstrak dari daun jambu biji dapat digunakan untuk mengatasi bakteri penyebab diare (Salmonella typhii dan Shigella dysentriae). Sedangkan, buah jambu biji digunakan sebagai minuman pendamping pada kasus demam berdarah dengue (DBD).

Tanaman herbal jambu biji mempunyai beberapa khasiat dan manfaat. Namun, apabila mempunyai alergi maupun kontraindikasi dalam penggunaannya, maka dapat berkonsultasi dahulu dengan dokter ataupun herbalis yang berkompeten. Khasiat dan manfaat jambu biji adalah guna mengatasi beberapa gangguan berikut.

 

  1. Diabetes Melitus

Cuci satu buah jambu biji setengah masak memakai air yang mengalir. Kemudian, belah jambu biji menjadi empat bagian. Setelahnya, rebus menggunakan satu liter air sampai mendidih. Lalu, saring guna diambil airnya. Minum ramuan ini 2 kali sehari, yaitu saat pagi dan sore.

 

  1. Obat Luka Baru

Cuci 3 pucuk daun jambu biji memakai air yang mengalir. Kemudian, tumbuk sampai halus dan tempelkan pada bagian kulit yang terluka. Sebelum ditempelkan, bersihkan luka memakai air yang mengalir.

 

  1. Sakit Perut (Diare dan Mencret)

Cuci 5 lembar daun jambu biji dan 1 potong akar memakai air, Yang mengalir. Kemudian, rebus memakai air sebanyak 1,5 liter

sampai mendidih. Setelahnya, tunggu hingga dingin, lalu saring dan tambahkan 1 sendok makan madu. Minum 2 kali sehari, yaitu saat pagi dan sore.

 

  1. Mag

Cuci 8 lembar daun jambu biji yang masih segar memakai air yang mengalir. Kemudian, rebus memakai 1,5 liter air sampai mendidih. Setelah dingin, saring dan tambahkan 1 sendok makan madu. Minum ramuan ini 3 kali sehari, masing-masingnya satu gelas.

 

  1. Masuk Angin

Siapkan 10 lembar daun jambu biji yang masih muda, 1 butir cabai merah, 3 mata buah asam, 1 potong gula kelapa. Cuci bahan tersebut memakai air yang mengalir. Kemudian, rebus semua bahan memakai 1 liter air sampai mendidih dan tambahkan garam secukupnya. Setelahnya, saring rebusan itu guna diambil airnya dan tambahkan 1 sendok makan madu. Minum ramuan 2 kali sehari.

 

  1. Beser (sering kencing)

Cuci 1 genggam daun jambu biji yang masih muda memakai air yang mengalir. Siapkan 3 sendok bubuk beras dan goreng tanpa minyak. Rebus kedua bahan tersebut menggunakan 2,5 gelas air sampai mendidih, hingga airnya tinggal 1 gelas. Setelah dingin. segera saring dan tambahkan 1 sendok makan madu. Minum ramuan tersebut setiap 3 jam sekali, per konsumsinya adalah 3 sendok makan.

 

  1. Sariawan

Cuci 1 genggam daun dan satu potong kulit jambu biji memakai air yang mengalir. Kemudian, rebus memakai air yang mengalir. Kemudian, rebus memakai 2 gelas air sampai

mendidih. Setelahnya, saring guna diambil airnya dan tambahkan 1 sendok makan madu. Minum ramuan tersebut 2 kali sehari.

 

  1. Sakit Kulit

Cuci 1 genggam daun jambu biji yang masih muda dan 7 kuntum bunga jambu biji menggunakan air yang mengalir. Setelahnya, tumbuk kedua bahan tersebut bersama-sama sampai halus. Setelah kedua bahan halus, tempelkan pada bagian kulit yang sakit, nyeri, atau bengkak.

 

8. Manfaat Cabe Jawa