Manfaat Jati Belanda

5. Jati belanda (Guazuma ulmifolia Lamk)

dikenal dengan nama jati londo atau jati sabrang. Bagian yang digunakan untuk herbal adalah daun, buah, biji, dan kulit dalamnya. Tumbuhan ini kaya dengan berbagai kandungan kimia. Kandungan yang telah diketahui pada jati belanda adalah kulitnya mengandung asam damar dan zat samak serta daun, buah, dan bijinya mengandung zat pahit, glikose, minyak lemak, triterpen atau sterol, alkaloid, karotenoid, flafonoid, tanin, karbohidrat, dan saponin.

Sedangkan, efek farmakologis pada jati belanda adalah bijinya bisa digunakan untuk menghentikan diare, pelangsing badan, perut kembung, sakit perut, dan lainnya; kulit dalarn jati belanda bisa digunakan untuk astringen, diaforetik, serta elephantiasis; sedangkan, buahnya bisa untuk mengobati batuk, diare, sebagai sedapan, melarutkan lendir atau obat batuk berdahak, dan perut kembung; serta daunnya digunakan untuk pelangsing tubuh.

Tanaman herbal jati belanda mempunyai beberapa khasiat dan manfaat. Namun, apabila mempunyai alergi maupun kontraindikasi dalam penggunaannya, maka dapat berkonsultasi dengan dokter ataupun herbalis yang berkompeten. Khasiat dan manfaat herbal jati belanda adalah guna mengatasi beberapa gangguan berikut.

 

  1. Sembelit (Konstipasi)

Seduh satu sendok makan daun jati belanda kering dengan 1 gelas air panas. Setelah dingin, tambahkan satu sendok makan madu, kemudian minum 2 kali sehari.

 

  1. Menurunkan Berat Badan

Cuci daun jati belanda sebanyak 7 lembar dan sepotong rimpang bengle yang telah dipotong-potong menggunakan air yang mengalir. Rebus semua bahan menggunakan 1,5 gelas air sampai airnya tersisa satu gelas. Setelah dingin, saring dan tambahkan satu sendok makan madu. Minum 2 kali dalam sehari, masing-masingnya setengah gelas.

 

  1. Batuk

Makan buah tanaman jati belanda yang telah berwarna hitam secukupnya tiap pagi dan sore.

 

6. Temulawak (Curcuma xanthorrhiza)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *