Manfaat Kunyit

3. Kunyit (Curcuma longa Linn)

termasuk ke dalam famili tumbuhan Zingiberaceae. Tanaman ini juga dikenal dengan nama kunyir, koneng temen, kunir, cahang, hunik, kunyik, atau kurlai. Sedangkan, nama asingnya adalah tumeric.

Umumnya, bagian kunyit yang digunakan untuk herbal adalah rimpangnya. Tumbuhan ini sangat kaya dengan kandungan kimia, yang sudah diketahui antara lain azadirachtin, minyak gliserida, asetat-keton, dan zat lainnya. Dalam farmakologi Tiongkok dan pengobatan tradisional lain, disebutkan bahwa tanaman ini memiliki rasa pahit (kecuali daging buahnya), netral, antidiabetes, antidiare, antipiretik dan antibilious, serta merangsang dan mengaktifkan kelenjar-kelenjar.

Tanaman herbal kunyit mempunyai beberapa khasiat dan manfaat. Namun, apabila mempunyai alergi maupun kontraindikasi dalam penggunaannya, maka dapat berkonsultasi dengan dokter ataupun herbalis yang berkompeten. Khasiat dan manfaat herbal kunyit antara lain sebagai berikut.

 

  1. Premenstrual Syndrome (PMS)

Sediakan rimpang kunyit dan daun sri gading sekitar 15 gram, biji pala dan kapulaga kurang lebih 10 gram, serta ketumbar, jintan hitam, dan cengkih sebanyak 15 gram. Setelahnya, cuci memakai air yang mengalir, kemudian potong-potong bahan tersebut seperlunya. Kemudian, rebus bahan yang sudah dipotong menggunakan air sebanyak tiga gelas hingga mendidih (sampai airnya tersisa 1 gelas). Setelah dingin, segera saring. Bagi ramuan tersebut untuk tiga kali minum dalam sehari.

 

  1. Eksem

Cuci rimpang kunyit yang tua (sebesar ibu jari) memakai air yang mengalir, setelahnya parut. Kemudian, tambahkan satu sendok teh air kapur sirih dan perasan 1 buah jeruk nipis, aduk sampai merata. Lalu, oleskan pada bagian tubuh yang sakit.

 

  1. Demam

Cuci rimpang kunyit yang segar (20 gram) memakai air yang mengalir, setelahnya parut. Kemudian, tambahkan 1 gelas air matang dan aduk hingga merata. Setelah itu, peras dengan penyaring. Tambahkan 1 sendok makan madu pada air hasil perasan tersebut. Selanjutnya, minum 2 kali sehari, masing masingnya setengah gelas.

 

  1. Dispepsia

Bersihkan rimpang kunyit yang segar (50 gram), setelahnya cuci memakai air yang mengalir. Kemudian, parut rimpang kunyit tersebut. Setelah selesai, tambahkan 1 gelas air, lalu aduk merata. Setelahnya, peras dengan penyaring dan tambahkan 1 sendok makan madu. Minum ramuan tersebut 2 kali dalam sehari, masing-masingnya setengah gelas.

 

  1. Keputihan

Kupas dan cuci rimpang kunyit sebesar ibu jari yang cukup tua memakai air yang mengalir, kemudian parut. Tambahkan setengah gelas larutan air asam dan gula jawa, lalu aduk hingga rata. Peras dengan penyaring, selanjutnya minum 1 kali sehari.

 

  1. Cacar Air

Ambil segenggam daun asam dan sepotong kunyit, setelahnya cuci menggunakan air yang mengalir. Lalu, giling halus hingga menjadi adonan seperti bubur. Setelah itu, oleskan ke bagian tubuh yang terkena cacar air.

 

  1. Hepatitis

Cuci rimpang kunyit yang berukuran setengah jari memakai air yang mengalir, kemudian parut. Tambahkan 3 sendok makan air dan 1 sendok makan madu. Setelahnya, peras dengan penyaring dan minum 2 kali sehari.

 

  1. Tekanan Darah Tinggi

Cuci rimpang kunyit yang seukuran satu ruas jari menggunakan air yang mengalir dan parut. Lalu, tambahkan setengah gelas air serta 1 sendok makan madu dan aduk hingga merata. Peras dengan penyaring, kemudian minum 2 kali sehari.

 

  1. Radang Amandel

Cuci setengah jari kunyit menggunakan air yang mengalir, kemudian parut dan tambahkan 4 sendok makan air. Setelahnya, aduk sampai merata dan peras. Tambahkan 1 butir kuning telur ayam pada air perasannya. Kocok adonan tersebut hingga merata, setelahnya minum 2 kali sehari.

 

  1. Radang Gusi

Cuci tiga potong gambir dan kunyit yang seukuran setengah jari memakai air yang mengalir, kemudian iris tipis-tipis. Selanjutnya, rebus menggunakan air sebanyak 2 gelas sampai tersisa satu gelas. Setelah dingin, gunakan sebagai obat kumur dan pakai 3 kali sehari.

 

4. Jahe Merah Selengkapnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *