Manfaat Mengkudu

Manfaat Mengkudu

9. Tanaman herbal mengkudu (Morinda citrifolia)

termasuk ke dalam keluarga Rubiaceae. Mengkudu mempunyai nama lokal pace, kudu, cengkudu, kemudu, cangkudu, mengkudu, bengkudu, wangkudu, manakudu, serta bakulu. Nama asing dari mengkudu adalah morinde (Prancis) dan canary wood (Inggris). Efek farmakologis yang didapatkan dari mengkudu adalah melalui buah, daun, dan akarnya.

Kandungan kimia terpenting dari tanaman herbal mengkudu adalah alkaloid (xeronin, yang berfungsi meningkatkan aktivitas enzim dan struktur protein), polisakarida (asam glukoronat dan glikosida), morindin, morindon, algarind-methyleter, serta soranjidol Selain itu, mengkudu mengandung steroid tumbuhan, alizarin, lisin, sosium, caprilic acid, arginin, proxeronin, antraquinones, trace elements, phenilalanin, magnesium, saranjidiol, besi, dan multivitamin.

Mengkudu memiliki efek menghilangkan hawa lembab pada tubuh, meningkatkan kekuatan tulang, pembersih darah, peluruh kencing, peluruh haid, pelembut kulit, obat batuk, obat cacing, pencahar, serta antiseptik. Tanaman herbal mengkudu mempunyai beberapa khasiat dan manfaat. Namun, apabila mempunyai alergi maupun kontraindikasi dalam penggunaannya, maka dapat berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter ataupun herbalis yang berkompeten. Khasiat dan manfaat dari mengkudu antara lain sebagai berikut.

 

  1. Kulit Kaki Pecah-Pecah

Gosokkan buah mengkudu yang telah masak pada kulit kaki yang kasar sampai merata. Diamkan selama kurang lebih setengah jam. Kemudian, bersihkan memakai air hangat. Lakukan setiap hari, yaitu menjelang tidur malam.

 

  1. Ketombe

Cuci tiga buah mengkudu yang telah masak memakai air yang mengalir, kemudian parut. Setelah itu, tambahkan air dan aduk hingga merata. Lalu, usapkan adonan mengkudu pada kulit kepala dan remas-remas ringan hingga merata. Diamkan sampai kering dan meresap pada kulit kepala. Selanjutnya, bilas menggunakan air bersih. Lakukan 3 kali seminggu, sampai rasa gatal dan ketombe hilang.

 

  1. Sembelit

Cuci 2 buah mengkudu yang masak memakai air yang mengalir, kemudian parut. Tambahkan sedikit garam, lalu aduk dan peras dengan penyaring. Minum ramuan 2 kali sehari.

 

  1. Batuk

Siapkan buah mengkudu 1 buah, jeruk nipis 1 buah, dan kapur sirih 3 gram. Cuci bahan-bahan tersebut memakai air yang mengalir. Lalu, kupas mengkudu dan buang isinya. Haluskan buah mengkudu memakai mesin blender dengan menambahkan 2 gelas air, perasan jeruk nipis, dan kapur sirih. Setelah semua bahan tercampur merata, saring dan tambahkan satu sendok makan madu. Minum ramuan 4 kali sehari, setengah gelas per konsumsi.

 

  1. Batuk Reian

Siapkan buah mengkudu 1 gram, daun jintan 10 lembar, serta daun semanggi 10 lembar. Setelahnya, cuci memakai air yang mengalir. Lalu, buang kulit buah mengkudu. Tumbuk atau blender buah mengkudu sampai halus dengan menambahkan segelas air, kemudian saring. Sementara itu, rebus daun jintan dan daun semanggi menggunakan setengah liter air selama 10 menit. Setelah masak, matikan api dan campurkan dengan air mengkudu. Berikan sedikit garam sebagai perasa. Minum ramuan 2-3 kali sehari, masing-masingnya setengah gelas.

 

  1. Beri-beri

Siapkan buah mengkudu 20 gram, buah tomat 20 gram, dan gula merah secukupnya. Cuci buah mengkudu dan tomat memakai air yang mengalir. Kemudian, tumbuk atau blender sampai halus. Setelahnya, saring kedua campuran bahan tersebut dan tambahkan seperempat liter air. Lalu, tambah gula merah secukupnya. Minum ramuan 2 kali sehari.