Mengenal Obat Herbal

Obat herbal telah digunakan sejak zaman dahulu oleh nenek moyang kita, terutama asia yang menjadi pelopor penggunaan dan pengembangan obat alami. Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyebutkan bahwa 65% dari penduduk negara-negara maju telah menggunakan pengobatan tradisional. WHO juga merekomendasikan penggunaan obat tradisional (herbal) guna menjaga kesehatan serta pencegahan dan pengobatan penyakit, terutama untuk penyakit kronis, yaitu penyakit degeneratif dan kanker. Dengan demikian, kedudukan obat herbal sangat penting guna meningkatkan kesehatan masyarakat.

Faktor pendorong terjadinya peningkatan penggunaan obat herbal di negara maju adalah adanya keinginan memliki usia yang lebih panjang saat kejadian atau jumlah penderita penyakit menigkat. Berikut adalah alasan dan pertimbangan mengenai pemakaian obat herbal.

  • Terjangkaunya harga bahan obat tradisional di masyarakat. Misalnya, ketika seseorang batuk dan membeli obat batuk di apotek, maka memerlukan danaguna membeli obat tersebut. Tetapi, apabila menggunakan obat herbal (seperti kecap dan perasan jeruk nipis), maka bahan tersebut mudah didapatkan dan harganya relatif terjangkau.
  • Terjadinya kegagalan penggunaan obat modern guna penyembuhan penyakit tertentu, misalnya tumor, kanker, maupun penyakit ganas lainnya.
  • Mahalnya biaya berobat serta efek samping dari penggunaan obat-obatan sintetis dalam jangka panjang.

Berdasarkan berbagai alasan tersebut, sebagian masyarakat memunculkan gagasan untuk back to nature.

Selanjutnya >Empat Negara Asia Yang Menjadi Pelopor Penggunaan Obat Herbal

Editor : Didin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *