Pemanfaatan Obat Herbal

Pengertian Herbal 

Herbal adalah jenis tanaman yang berkhasiat guna menyembuhkan berbagai penyakit. Selain itu, herbal dapat digunakan sebagai pencegahan dan perawatan guna meningkatkan kesehatan tubuh serta menjaga kebugaran. Dilihat dari aspek flora, iklim, tanah, maupun industri obat dan kosmetik tradisional di Indonesia, prospek pengembangan tumbuhan herbal sangat baik. Secara empiris, selain mempunyai keunggulan kimiawi (sebagai bahan obat), beberapa tumbuhan obat juga memiliki keunggulan fisik, yaitu sebagai tanaman hias serta tanaman yang dibudidayakan.

Pengelolaan tanaman obat tersebut bukanlah kewenangan dan tugas dari pemerintah, melainkan kewajiban seluruh warga negara Indonesia. Gerakan budidaya dan pemanfaatan TOGA merupakan wujud kepedulian masyarakat dalam melestarikan obat herbal dalam Lingkup keluarga.

Menurut PERMENKES RI No. 246/MEN KES/ PER/V/ 1990, yang dimaksud obat tradisional adalah bahan atau ramuan yang berupa bahan tumbuhan, hewan, mineral, sediaan galenik, atau campuran dari bahan-bahan tersebut, yang secara tradisional telah digunakan untuk pengobatan. Pemanfaatan obat tradisional (herbal) meningkat karena terj adi pergeseran pola penyakit, yaitu dari infeksi ke penyakit degeneratif serta gangguan metabolisme. Penyakit degeneratif memerlukan pengobatan jangka panjang, sehingga menyebabkan efek samping yang serius bagi kesehatan (Depkes, 2005).

Selanjutnya > Manfaat Menggunakan Obat Herbal

Editor : Didin

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *