Tanaman Obat Asli Indonesia | Daun Salam

1. Salam

Salam (Syzygium polyanthum) termasuk ke dalam famili tumbuhan Myrtaceae. Di daerah lain, tanaman ini memiliki nama meselangan, ubar serai, gowok, manting, atau kastolam. Efek farmakologi pada salam diperoleh dari penggunaan daun, kulit batang, buah, dan akarnya. Tumbuhan ini kaya akan kandungan kimia. Dalam farmakologi Tiongkok dan pengobatan tradisional lainnya, disebutkan bahwa tanaman ini berdaun wangi dan bisa memperbaiki sirkulasi tubuh.

Jamu atau ramuan tradisional adalah resep yang khasiatnya digunakan secara turun-temurun. Dosis, keamanan, serta takaran jamu atau ramuan tradisional beltim mempunyai standar yang baku, pemanfaatannya hanya berdasarkan pengalaman yang diwariskan secara turun-temurun. Tanaman herbal salam mempunyai beberapa khasiat dan manfaat. Namun, apabila mempunyai alergi maupun kontraindikasi dalam penggunaannya, maka dapat berkonsultasi dahulu dengan dokter ataupun herbalis yang berkompeten. Berikut adalah khasiat dan manfaat dari herbal salam.

 

  1. Kencing Manis

Caranya adalah cuci 7 daun salam menggunakan air yang mengalir. Setelahnya, rebus             memakai 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, segera saring dan tambahkan 1             sendok makan madu. Minum ramuan ini 2 kali sehari.

 

  1. Diare

Cuci daun salam (kira-kira 15 gram), lalu rebus menggunakan 1 gelas air selama 15 menit dan tambahkan sedikit garam. Setelah dingin, segera saring dan minum sekaligus.     Cara lainnya adalah gunakan potongan kulit batangnya yang kering. Selanjutnya, seduh    potongan tersebut, setelahnya minum sebagai teh.

 

  1. Kudis dan gatal

Cuci daun, kulit batang, atau akar menggunakan air mengalir. Kemudian, giling halus             sampai menjadi adonan seperti bubur. Setelah selesai, balurkan di tempat yang sakit.

 

  1. Sakit Mag

Cuci daun salam sebanyak 15 lembar menggunakan air yang mengalir. Kemudian, rebus             dengan setengah liter air sampai mendidih dan tambahkan gula merah secukupnya. Minum 2             kali sehari, sampai rasa penuh dan perih di lambung menghilang.

 

2. Sambiloto Selengkapnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *